Al-Kahuf "Takut" kepada Allah swt.

 Orang yang takut kepada Allah swt dapat dilihat dari indikasi nya dalam tujuh hal dibawah ini :
1.Lidahnya
 Orang yang takut kepada Allah swt,selalu berusaha mencegah lidahnya dari berbohong,menggunjing,mengadu domba,membual dan mengobral perkataan yang tidak berguna.Ia akan menjadikan lidahnya sibuk untuk selalu zikir kepada Allah swt.,membaca Alqur'an,berdikusi dan mengkaji ilmu.




2.Hatinya
Orang yang takut kepada Allah swt,akan selalu mengeluarkan rasa permusuhan,kebohongan,dan kedengkian dari dalam hatinya.Karena kedengkian itu dapat merusak kebaikan.

3.Penglihatannya
Orang yang takut kepada Allah swt, tidak akan melihat pada yang haram,baik mengenai makanan,minuman,pakaian,dan lain sebagainya.Dia tidak memandang dunia dengan nafsu ambisi dan keinginannya,tetapi dia memandang untuk mengambil pelajaran dan ibrah.Dia tidak memandang sesuatu yang tidak halal dilihat olehnya.

4.Perutnya
Orang yang takut kepada Allah swt,tidak akan memasukkan makanan yang haram kedalam perutnya,karena yang demikian itu adalah dosa besar.

5.Tangannya
Orang yang takut kepada Allah swt,tidak mau menerima sesuatu yang haram,tetapi selalu berusaha untuk menggapai dan meraih yang mengandung unsur ketaatan dan dapat mendekatkan diri kepada Allah swt.

6.Kedua kakinya
Orang yang taku kepada Allah swt,tidak akan melangkahkan kakinya untuk berjalan dalam kemaksiatan kepada Allah swt.Tetapi kakinya digunakan berjalan dalam ketaatan kepada Allah dan mencari keridhaan-Nya dan berjalan kearah kebaikan,bergaul bersama ulama dan orang-orang yang saleh.

7.Ketaatannya
Orang yang takut kepada Allah swt,selalu mengorientasikan segala aktivitas ketaatan dan kesalehannya hanya untuk mencari keridhaan Allah,menjauhi sifat riya' dan kemunafikan.